15 Maret 2017

Alasan Ngeblog

need hand image


"Karena sesuatu selalu butuh alasan untuk terjadi."


Menarik untuk dipertanyakan, lagi - lagi saran dari blog lain yang saya baca mengenai hal - hal yang perlu dipostingkan saat pertama kali membuat sebuah blog. Jika ditanya alasannya kenapa sebetulnya ada banyak hal yang saya pikirkan sejak berencana kembali membuat sebuah blog.



Beberapa tahun silam saat masih di bangku perkuliahan saya mengelola blog, tapi setengah - setengah, saat itu juga masih berbenturan dengan berbagai kegiatan di akademi, dan juga harus mengelola forum. Sebelumnya saya banyak terlibat di organisasi dunia maya semacam forum - forum. Tapi hanya terbatas pada forum - forum anime, khususnya naruto, dan dipercaya menjadi administrator di dua forum, bukan forum yang terlalu besar tapi lumayan traffic nya rada tinggi.

Dari sana saya banyak memperoleh tentang makna berorganisasi dan bersosialisasi dengan orang - orang meski hanya bersifat maya, namun itu membantu dalam pekerjaan saya sekarang sebagai tenaga pendidik dan pengajar. Semua ilmu yang didapatkan disana, semua kebaikan yang saya temukan, saya terapkan di kehidupan sehari - hari, dan Alhamdulillah semua itu ada manfaatnya meski dari sekotak forum anime.



Itu dulu, saya nyaman disana, sekarang kurang begitu nyaman, banyak forum berjatuhan dan mendadak sepi sejak 2010an, sampai pada saat ini dimana sosmed menjamur. Ironisnya pertumbuhan sosmed ini bukan memberikan kesempatan manusia untuk saling bertegur sapa sesuai hakikat mereka sebagai mahluk sosial, ada beberapa hal sepele yang mungkin tidak terasa mulai membuat saya kurang nyaman, sejujurnya tingkat keramahan dan kepedulian di dunia maya cenderung lebih berkurang ketimbang dahulu.

"Setiap manusia ingin didengar, dan setiap manusia berjuang untuk itu tanpa mereka sadari."

Jadi kesan individu kini menjamur di sosial media dan forum justru, semua punya lingkaran didalam lingkaran masing - masing. Ada beberapa selentingan blogger yang menulis dalam postnya bahwa beberapa hal yang patut di diskusikan dalam sebuah forum contohnya sebuah pertanyaan yang diajukan seorang member, dan ia sangat membutuhkan jawaban yang rinci, namun dijawab seadanya, justru blog banyak menyediakan jawaban - jawaban yang lebih rinci.

Kemudian, didalam dunia kerja juga saya merasakan hal yang sama, tampaknya ini terjadi di manapun, dimana semua orang sekarang sudah tidak "connecting people" lagi hehe. Saya terjun di dunia pendidikan sekitar 2014, masih baru memang, pada saat pertama terjun saya amat kesulitan mencari referensi, bertanya sudah tapi lagi - lagi jawabannya lebih memuaskan dari blog.

Atas dasar itu, saya juga punya keinginan untuk membantu orang banyak melalui tulisan saya, melalui ilmu yang saya punyai, entah untuk siapa, entah untuk rekan - rekan tenaga pendidik, atau rekan - rekan yang berjuang di passion yang sama. Yang penting saya punya niatan seperti itu, urusan dapat uang dari blog sebetulnya juga ada keinginan seperti itu, tapi saya yakinkan dulu untuk diri sendiri dan semua orang bahwa memang dan semoga tetap seperti itu niatan utamanya, bukan karena uang.

Siapapun anda, terimakasih telah berkunjung dan membaca sampai akhir. Saya sangat menghargainya, terimakasih.

Share This Post to :

0 Comment:

Posting Komentar